Perbedaan antara Data dengan Informasi

Perbedaan antara Data dengan Informasi

Sebagian peneliti mencampuradukkan data dengan informasi sedemikian rupa sehingga muncul kebiasaan untuk menggunakan kedua terma ini sebagai sinonim, padahal keduanya mengacu pada dua pengertian yang berbeda.

Perbedaan di antara kedua terma ini adalah sebagai berikut:

a. Setiap sistem informasi diawali dengan DATA dan diakhiri dengan INFORMASI

b. Data adalah fakta yang sudah tercatat secara sempurna atau yang akan selesai pencatatannya pada masa datang menyangkut peristiwa-peristiwa tertentu. Fakta-fakta ini kadang-kadang berdiri sendiri, tidak berkaitan satu sama lain dan tak terbatas jumlahnya. Data juga didefinisikan sebagai masukan atau bahan mentah bagi informasi.
Dengan kata lain, data adalah kumpulan fakta dan hasil observasi yang sudah dihimpun dari komunitas statistik tertentu dan sudah selesai pemasukannya ke dalam komputer untuk diolah dan dikeluarkan hasilnya. Contoh-contoh data adalah: nama, usia, pekerjaan, tingkat pendidikan, pendapatan rata-rata, dan lain-lain.

c. Informasi adalah hasil pengolahan data atau kumpulan hasil yang sudah didapat dari komputer. Dengan kata lain, informasi adalah kumpulan data yang sudah dihimpun dan diolah dengan metode apa saja sehingga siap-pakai atau bermanfaat bagi resipien atau penggunanya. Dengan demikian, informasi merepresentasikan output dalam sistem informasi dan berpengaruh terhadap pengambilan keputusan yang berlainan.

d. Pengguna informasi memasukkan data ke dalam komputer, mengolah, dan mengurutkannya. Kemudian ia melakukan langkah-langkah tertentu terhadap datanya sehingga dapat menghasilkan informasi yang berharga dan bermanfaat. Setiap kumpulan informasi pun menjadi ilmu pengetahuan. Inilah tugas terakhir informasi. Informasi terbaru ini digunakan untuk memperkuat dan mengoreksi informasi sebelumnya sekaligus untuk melengkapi fakta-fakta atau gagasan baru bagi penerima dan pengguna informasi.

e. Biasanya, sesuatu yang merupakan data dalam bentuk angka, tabel dan grafiks kadang-kadang bisa menjadi informasi dalam bentuk teks, frase, dan gambar-gambar ilustratif. Data bisa berupa teks, angka, gambar atau bentuk apa pun.

Oleh Abiderry.

Teks Arab

الفارق بين البيانات والمعلومات

يخلط بعض الباحثين بين البيانات والمعلومات، وجرت العادة على

استخدامهما كمترادفين رغم أنهما يعنيان شيئين مختلفين . والفارق بينهما هو الآتى :

1- يبدأ أى نظام للمعلومات بالبيانات DATA وينتهى بالمعلومات INFORMATION.

2- البيانات هى حقائق تم تسجيلها، أو سيتم تسجيلها مستقبلا بشأن أحداث معينة، وقد تكون هذه الحقائق مستقلة وغير مرتبطة ببعضها وغير محددة العدد . وتعرف أيضا بالمدخلات أوالمادة الخام للمعلومات،وبمعنى آخر هى مجموعة من الحقائق والمشاهدات التى يتم جمعها من مجتمع إحصائى معين، ويتم إدخالها إلى الحاسوب لمعالجتها وإخراج النتائج . ومن أمثلة البيانات : الإسم والسن والمهنة ومستوى التعليم، ومتوسط الدخل …..الخ

3- المعلومات INFORMATION هى ناتج تشغيل البيانات، أومجموع النتائج التى تم التحصل عليها من الحاسوب . وبمعنى آخر هى مجموعة البيانات التى جمعت وأعدت بطريقة ما جعلتها قابلة للاستخدام أى مفيدة بالنسبة لمستقبٍلها أو مستخدمها، وهى تمثل المخرجات فى نظام المعلومات ولها تأثير فى اتخاذ القرارات المختلفة.

4- يقوم المستخدم بإدخال البيانات للحاسب ثم يقوم بتشغيلها وترتيبها، ثم يجرى عليها بعض العمليات ليحصل على معلومة ذات قيمة وفائدة . وكل مجموعة من المعلومات تشكل معرفة ما وهذه هى وظيفتها النهائية . وتستخدم فى تأكيد أو تصحيح معلومات سابقة، أو فى إضافة حقائق أو أفكار جديدة لمستقبٍل أو مستخدم المعلومات.

5-عادة ما تكون البيانات على شكل أرقام وجداول وأشكال بيانية، بينما تكون المعلومات على شكل نصوص وعبارات أو صور توضيحية. ويمكن أن تكون البيانات نصوصا أو أرقاما أو صورا أو أى شكل آخر .

Leave a comment